Selasa, 24 Mei 2016

Cerbung: "Volcano; 24 jam", Bab 14

14.       Sabtu, 12.20 WIB
Di atas awan, dalam badan Hercules yang melayang kalem, Dr. Dhamar membuka peralatan simulasi analisis pergerakan magma yang dia buat bersama rekannya, Mike Brown. Di dalam pesawat khusus ini, diperbolehkan membuka peralatan elektronik, dan telah diatur untuk tidak mengganggu jalannya penerbangan.
Peralatan itu berbentuk sebuah koper, yang apabila dibuka, terdapat tombol-tombol seperti keyboard pada laptop, dan monitor pada penutup kopernya. Ketika dibuka, maka terlihat layar monitor pada tutup kopernya, sedangkan di dalam koper terlihat papan ketik, keyboard tadi. Peralatan tambahan lain adalah, bahwa alat ini dilengkapi dengan antenna parabola. Ketika dibuka antenna tersebut akan muncul ke atas seiring pergerakan membuka tutup koper; mengerucut terlebih dahulu, baru kemudian mengembang menjadi parabola. Beberapa tentara melongo melihat dari kejauhan di tempat mereka duduk berimpitan di sepanjang tepian ruang badan pesawat. Dr. Dhamar agak sedikit geli dibuatnya.
‘tentara…’, gumamnya sambil terus mempersiapkan alatnya.
Dr. Dhamar segera  menyalakan peralatannya. Beberapa lampu pada instrumen terlihat mulai berkedip. Muncul rentetan tulisan yang bergerak ke atas pada monitor koper tersebut. Dr. Dhamar masih mengacuhkannya. Sejurus kemudian mencul beberapa tabel berisi angka-angka disertai grafik-grafik.

Lagi-lagi Dr. Dhamar melirik para tentara yang masih taat duduk berimpit sepanjang tepian ruang badan pesawat. Dan lagi lagi, mereka masih melongo menatapnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar