Selasa, 24 Mei 2016

Cerbung: "Volcano; 24 jam", Bab 12

12.       Sabtu, 12.10 WIB
Dr. Damar telah membentuk tim inti penanggulangan kemungkinan terburuk krisis Merbabu. Tim terdiri dari kelompok tim. Satu tim berada di Jakarta sebagai kontrol pusat, satu tim ada di Yogyakarta, dan satu tim bantuan ada di Kalifornia, Amerika Serikat. Di Jakarta dipimpin oleh Alex Simatupang, Ph.D,  di Yogyakarta dipimpin oleh Dr. Sukotjo, di Kalifornia dipimpin oleh Mike Brown, dan Dr. Damar sendiri akan datang ke Merbabu yang nantinya akan ditemani oleh Dr. Sukotjo.
Prosedur penanggulangan bencana bukanlah hal baru bagi mereka. Namun, yang sekarang adalah tingkat awas. Hitungan letusan tinggal jam. Bukan hari, apalagi minggu.
Tanpa banyak kata, briefing siang itu berlangsung cepat. Secepat Dr. Damar mempersiapkan kopor bajunya. Ia akan langsung ke kaki merbabu siang itu untuk bergabung dengan tim Yogya pimpinan Dr. Sukotjo. Evakuasi.

Pesawat hercules TNI AU sudah siaga di Halim. Mesin telah dihidupkan. Bergegas Dr. Dhamar beserta kru besarnya yang terdiri dari puluhan orang ditambah puluhan tentara masuk ke badan Hercules. Sesaat kemudian, si Hercules sudah bergerak, membelok dan berlari hingga mengangkasa dengan suara gemuruhnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar